Mannheim dan Kerja Sosial di Jerman Bagian 2

Satu tahun setengah bukan waktu yang lama jika kita menikmatinya. Sama halnya ketika aku bekerja sosial di Mannheim. Kolega-kolegaku begitu ramah dan baik hati, bahkan beberapa dari mereka sekarang menjadi teman baik yang acapkali mengunjungiku di Hamburg. Mereka bahkan membantu mengangkut barang-barang dari Mannheim ke Hamburg selama masa perpindahanku. Aku benar-benar merasa sangat beruntung dikelilingi orang yang berhati begitu baik dan tulus seperti mereka. Tidak ada waktu satu detikpun yang aku sesali ketika berada di Mannheim dan bekerja sosial. Semua itu juga yang menjadikanku pribadi yang seperti sekarang.
Waktu-waktu musim gugur inilah puncak kerinduanku pada Mannheim, karena dua kali aku menghabiskan musim gugur di sana, dengan dimanjakan oleh daun yang berwarna-warni di dekat tempat tinggal.
Masih segar dalam ingatanku ketika hostfam berkata ''kamu beneran mau FSJ? itu kerjanya berat lho''. Siapa sangka, ternyata aku begitu menikmatinya sehingga aku perpanjang lagi menjadi satu setengah tahun, bukan seperti di kotrak awal yang hanya setahun. Kolegaku menyambut keinginanku untuk memperpanjang kontrak dengan sangat gembira. Aku merasakan betul-betul betapa berharganya aku di sana. Betapa baiknya mereka denganku. Belum pernah sekalipun aku tidak masuk kerja baik karena sakit ataupun hal yang lain. Aku selalu bersemangat berangkat kerja. Kenapa ? salah satu motivasinya adalah bertemu kolega. Mereka benar-benar memberikan kebebasan dan keluangan yang sangat banyak padaku. Mereka sering menawarkan agar aku cepat pulang ketika Jumat malam, agar aku bisa menjemput Tilmann di stasiun dan segera bertemu dengannya. Atau biasanya mereka bertanya terlebih dahulu apakah Tilmann sedang di Mannheim atau tidak. Jika Tilmann sedang di Mannheim dan aku bekerja pada akhir pekan, mereka pasti menyuruhku pulang lebih awal supaya aku bisa memanfaatkan sedikit waktu weekend bersama Tilmann.
Iklim kerja seperti itulah yang dari dulu aku inginkan. Bebas, tapi bertanggung jawab. Tidak menekan, tidak mengikat, tidak memberikan kesulitan pada pekerjanya, asalkan kita juga harus tau diri dan menunjukkan performa dengan bekerja segiat dan serajin mungkin.
Mereka bahkan menelefonku saat aku ulangtahun, dan memberikan hadiah ulangtahun di meja saat aku datang. Salah satu kolegaku yang juga sama-sama FSJ, gadis asli Jerman, juga memberikan aku sebuah kejutan ketika aku dilanda masalah kecil. Dia bahkan datang ke Mannheim di hari ulangtahunku.
Hal-hal itulah yang selalu aku ingat-ingat dan tidak pernah aku lupakan.
dekat rumah


tempat tinggal yang menyimpan banyak kenangan

kejutan dari kolega kerja di hari ulangtahun

kue ulangtahun yang dibuat oleh kolega kerja

pemandangan depan apartemen saat musim gugur

Komentar

Postingan Populer