Mengurus Visa Jepang di Jerman

Mengurus visa berkunjung ke Jepang tidaklah serumit yang kita bayangkan. Kita hanya perlu melengkapi beberapa dokumen yang dibutuhkan, menunggu sekitar dua minggu dan bisa menjemput visa tersebut.
EB796A62-F6B5-48F8-8F98-823A214982AD.JPG

Syarat dokumen yang harus dilengkapi antara lain:



  1. Mengisi Formulir yang dapat diunduh melalui halaman kedutaan Jepang di Jerman. Karena saya tinggal di Hamburg, Saya mengunduh formulir dari halaman kedutaan Jepang di Hamburg. Kedutaan Jepang di Hamburg berlokasi di depan Rathaus (town hall), dapat ditempuh dengan jalan kaki dari stasiun utama Hamburg.


  2. Mengunduh surat undangan (jika ada), lalu surat undangan tersebut diisi oleh pengundang yang sedang tinggal di Jepang. Jika tidak ada, dibutuhkan bukti booking hotel. Selain invitation letter atau surat undangan dengan tanda tangan asli, mereka juga meminta scan semacam KTP Jepang dari mereka, halaman bolak-balik, supaya tahu juga alamatnya, dan foto kita bersama si pengundang tersebut.


  3. Melampirkan bukti rekening terbaru, bukti jika berstatus sebagai mahasiswa atau karyawan, atau apapun status kita tinggal di Jerman, beserta ID Card.


  4. Melampirkan jadwal selama di sana, tidak harus detail tapi kira-kira hendak kemana saja kita, tinggal di mana, di kota mana saja.


  5. Melampirkan bukti booking tiket pesawat PP jika ada. Jika tidak, melampirkan sebatas suggestion saja kira-kira tanggal berapa berangkat dan tanggal berapa pulang, sudah cukup.


  6. Membayar sebesar 24 Euro saat pengambilan.

Petugas-petugas di sana begitu ramah dan baik. Mereka selalu mengatakan Vielen Dank für das Warten, Terimakasih telah menunggu. Mereka memberikan informasi yang sejelas-jelasnya dan sedetail mungkin, serta berusaha memenuhi apa yang kita inginkan. Selamat berlibur ke Jepang!

Komentar

Postingan Populer